Posted by : Unknown Wednesday 12 March 2014


Kali ini akan saya tulis pembahasan soal nomor 3 bentuk essay dari OSP Kimia tahun 2013 untuk seleksi TIM OSN Kimia tahun 2014. Soal dan pembahasannya juga sudah saya sediakan dalam format PDF. Silakan unduh dari pranala (link) di bawah ini.
Soal 3. Keasaman buah apel [20 poin]
Asam malat, C4H6O5, adalah asam dikarboksilat (H2M) yang banyak terdapat dalam buah apel hijau dan memberikan rasa asam yang segar. Asam malat banyak digunakan sebagai additif pada bahan pangan dan untuk perawatan kulit.  Anda membuat juice apel dan diperoleh 250 ml larutan dengan pH 3,5.
  1. Tulisankan reaksi ionisasi asam malat.                 (3)
  2. Hitunglah berapa konsentrasi molar ion hidrogen dalam juice apel.                     (2)
Juice apel dapat dititrasi dengan alkali standar, tetapi dalam titrasi tersebut hanya terdapat 1 titik akhir. Sebanyak 25,0 mL sampel juice apel dinetralisasikan secara akurat dengan 27,5 mL larutan natrium hidroksida 0,10 mol/L dengan memakai indikator fenolftalein (rentang pH 8,3 – 10,0).
  1. Berdasarkan titrasi tersebut, hitunglah konsentrasi molar dari asam malat dalam juice tersebut.    (5)
  2. Jelaskan mengapa hanya dapat digunakan 1 indikator dan tidak 2 indikator sebagaimana umumnya pada titrasi asam lemah dikarboksilat. (3)
Biasanya jika hanya terdapat 1 titik akhir titrasi, kemungkinan besar Ka1 sama atau hampir sama dengan Ka2, atau Ka1 jauh lebih besar dibandingkan Ka2 (besarnya Ka2 tidak singnifikan ketika dijumlah dengan Ka1) sehingga  yang digunakan hanya Ka1 dan ini cukup digunakan satu indikator saja.
  1. Bila diasumsikan bahwa nilai pH juice terutama disumbangkan oleh H+ dari ionisasi asam malat, hitunglah berapa nilai Ka1 dari asam malat tersebut.           (3)
  2. Berikan dua alasan mengapa feolftalein adalah indikator yang cocok untuk titrasi ini.    (2)
  3. Bagaimana pH larutan garam Na2M? Asam, basa atau netral, jelaskan dengan reaksi (2)
Dengan senang hati saya menerima usul perbaikan dalam pembahasan soal di atas. Kotak komentar menanti sumbang saran dari saudara :)
Selamat belajar… semoga bermanfaat.
Wassalam,

sumber  https://urip.wordpress.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 SAINS CLUB SMA N 1 LIWA - Flat UI - Designed by Renadel Dapize - Mod By Cracktivity