Posted by : Unknown Saturday 22 March 2014



KARYA ILMIAH
PEMBUATAN YOGHURT MENGGUNAKAN     
LABU SIAM
                                
 




Disusun oleh:

Syafira Rizki Nabila
Anne Azkia N
Isna Atiana

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 LIWA
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG BARAT
2013







Abstrak
Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Tujuan dari pembuatan yoghurt ini adalah agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Karena susu dalam bentuk yoghurt tidak berasa  amisYoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Karena struktur laktosa yoghurt dirusak, maka yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu. Selain protein dalam susu, berbagai kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh pun banyak terdapat di dalam labu siam (Sechium edule). Maka dari itu  upaya diversifikasi labu siam (Sechium edule) perlu dilakukan, antara lain dengan mengolahnya menjadi yoghurt.
Penelitian ini dilakukan untuk memanfaatkan labu siam (Sechium edule)  yang sering dijumpai di lingkungan sekitar dengan mengolahnya menjadi minuman yoghurt yang baik untuk kesehatan.
Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen, dengan cara memasukkan yoghurt labu siam (Sechium edule) dengan tiga perlakuan berbeda, sebanyak masing-masing 25 ml ke dalam 36 tabung reaksi. 15 tabung reaksi ditetesi reagen lugol untuk menguji amilum, 6 tabung reaksi ditetesi reagen benedict untuk menguji glukosa, dan 15 tabung reaksi ditetesi biuret untuk menguji protein, dengan reagen masing-masing 8 ml.
Sehingga disimpulkan bahwa yoghurt labu siam (Sechium edule) memiliki kandungan amilum dan glukosa, tetapi tidak memiliki protein. Sedangkan biang yoghurt tidak memiliki amilum, tetapi memiliki kandungan glukosa dan protein.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 SAINS CLUB SMA N 1 LIWA - Flat UI - Designed by Renadel Dapize - Mod By Cracktivity