Posted by : Unknown Saturday 22 March 2014


KARYA ILMIAH
PEMBUATAN BIOPLASTIK MENGGUNAKAN
LIMBAH AMPAS TAHU (Glycine Max (L) Merill ).



 




Disusun oleh:

FATHAN ABDUL AZIZ
OZZA DINATA
LATIFAH MUFIDAH




SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 LIWA
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG BARAT
2013




ABSTRAK

Plastik adalah polimer rantai-panjang dari atom yang mengikat satu sama lain.
Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau "monomer".Istilah plastik mencakup produk polimerisasi sintetik atau semi-sintetik, namun ada beberapa polimer alami yang termasuk plastik. Plastik terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Tetapi sampah plastik adalah salah satu penyebab pencemaran udara dan mengakibatkan efek jangka panjang berupa pemanasan secara global pada atmosfer bumi dan juga sampah plastik yang berada dalam tanah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme menyebabkan mineral-mineral dalam tanah baik organik maupun anorganik semakin berkurang.Oleh sebab itu, perlu dicari alternatif  bahan baku plastik  pengganti minyak bumi dan gas alam tersebut salah satunya menggunakan bahan organik yang sering disebut dengan Bioplastik.

Bioplastik atau yang sering disebut plastik biodegradable, merupakan salah satu jenis plastik yang hampir keseluruhannya terbuat dari bahan yang dapat diperbarui, seperti pati, minyak nabati, dan mikrobiota.Ketersediaan bahan dasarnya di alam sangat melimpah dengan keragaman struktur tidak beracun.Bahan yang dapat diperbarui ini memiliki biodegradabilitas yang tinggi sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan bahan pembuat bioplastik. Penelitian ini dilakukan untuk membuat bioplastik dengan bahan alternatif dari ampas tahu.

Hasil dari penelitian menujukkan bahwa ampas tahu dapat dibuat menjadi bioplastik dengan menggunakan komposisi bahan-bahan tambahan yang sesuai dengan takarannya.






Copyright © 2013 SAINS CLUB SMA N 1 LIWA - Flat UI - Designed by Renadel Dapize - Mod By Cracktivity