Posted by : Unknown Saturday 22 March 2014

KARYA ILMIAH
UJI LOGAM TIMBAL (Pb), MANGAN (Mn), DAN TEMBAGA (Cu)PADA AIR DENGAN MENGGUNAKAN AIR TEH
(Camellia sinensis L. var. Assamica)

 



Disusun oleh:

FATHAN ABDUL AZIZ
NADYA CAHYANI PUTRI ATAZAWA
LATIFAH MUFIDAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 LIWA
PEMERINTAH KABUPATEN LAMPUNG BARAT
2013



ABSTRAK

Air merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan kita. Air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya minum, mandi dan keperluan mencuci pakaian dan peralatan dapur harus memenuhi syarat kesehatan. Air dapat dicemari oleh logam-logam berat yang bersifat racun.Penggunaan air untuk dikonsumsi yang memiliki kualitas kurang baik, dalam jangka pendek, dapat mengakibatkan muntaber, diare, kolera, tipus dan disentri. Dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit keropos tulang, kerusakan gigi, kerusakan ginjal dan hati.
Analisis kualitas air dapat dilakukan di laboratorium maupun secara sederhana. Pemeriksaan kualitas air dilaboratorium tentu akan menghasilkan data yang lengkap, akurat dan bersifat kuantitatif,  namun biayanya cukup mahal. Analisis secara sederhana dapat dilakukan sendiri di rumah untuk menguji kandungan kimia.Untuk mengetahui kandungan kimia dalam air dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : Memanaskan aquades  sampai mendidih masukan teh kedalam aquades yang sudah mendidih. Kemudian didinginkan. Masukan kedalam larutan yang mengandung Pb atau Mn atau Cu.


Dari hasil penelitian dan pembahasan  dapatdikatakan bahwa, air teh dapat menjadi bahan dalam  uji logam timbal (Pb), Mangan (Mn) dan  Tembaga (Cu)  dalam air.Massa teh yang tepat untuk uji logam timbal (Pb), Mangan (Mn) dan  Tembaga (Cu) dalam air adalah 3,2 gram atau semakin banyak kandungan massa tehnya semakin baik uji logamnya. Kemampuan air teh untuk  menguji Kadar minimal logam timbal dalam air adalah Timbal (Pb) adalah 8x10-4M, Mangan (Mn) adalah 9,2 x 10-3M, dan Tembaga (Cu) adalah 3,2 x 10-3M

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 SAINS CLUB SMA N 1 LIWA - Flat UI - Designed by Renadel Dapize - Mod By Cracktivity