Posted by : Unknown Wednesday 12 March 2014


osn logo
Kali ini akan saya tulis pembahasan soal nomor 1 bentuk essay dari OSN Kimia tingkat provinsi tahun 2014 untuk seleksi TIM OSN Kimia tahun 2014. Soal dan pembahasannya juga sudah saya sediakan dalam format PDF. Silakan unduh dari pranala (link) di bawah ini.
Zat A adalah padatan berwarna abu-abu mengandung logam alkali tanah dan 37,5% massa karbon. Zat B berupa cairan tidak berwarna dan tidak berbau. Sebanyak 47,9 g zat B mengandung 5,36 g hidrogen dan 42,5 g oksigen. Zat A bereaksi dengan B membentuk C dan D. Jika 10 g zat C direaksikan dengan oksigen berlebih terbentuk 33,8 g karbondioksida dan 6,92 g air. Zat D adalah hidroksida dari logam yang terkandung pada A.
a. Dari data itu lengkapi data pada tabel berikut: [12]
tabel soal no 1 osn kimia provinsi 2013b. Tuliskan persamaan reaksi setara ketika zat A bereaksi dengan B! [4]
c. Jika 45 g zat A bereaksi dengan 23 g zat B secara sempurna, hitung massa zat C yang terbentuk! [4]
Catatan dari saya: Soal di atas diambil dari buku “Chemistry by Zumdahl & Zumdahl, 8th Edition” halaman 128, (di bagian Marathon Problems soal nomor *171). Beberapa dari naskah soal OSN di atas ada informasi yang tidak diterjemahkan (entah kelewatan atau apa) sehingga kalau tidak dituliskan tentu tidak semua soal bisa diselesaikan. Tapi tenang saja, naskah asli sudah saya kutip-kan pada pembahasan dalam format PDF di atas.
Dengan senang hati saya menerima usul perbaikan dalam pembahasan soal di atas. Kotak komentar menanti sumbang saran dari saudara :)
Selamat belajar… semoga bermanfaat.
Wassalam,


sumber https://urip.wordpress.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 SAINS CLUB SMA N 1 LIWA - Flat UI - Designed by Renadel Dapize - Mod By Cracktivity